Tren Kecerdasan Buatan, Ini GPT ala Turki

0 0

Wecome Corner Prophets di Situs Kami!

Read Time:1 Minute, 29 Second

JAKARTA – Türkiye telah mengembangkan model kecerdasan buatan chatbot pertama. Keberhasilan pesat chatbot AI generatif seperti ChatGPT mengarah pada revolusi kecerdasan buatan global pada akhir tahun 2022. Perusahaan teknologi pertahanan Turki, Havelsan, mengikuti tren tersebut dengan membangun GPT nasional. Tren Kecerdasan Buatan, Ini GPT ala Turki

Laporan harian Sabah, Kamis (18/1/2024), Havelsan akan meluncurkan produk tersebut dalam beberapa hari ke depan. Terobosan kecerdasan buatan saat ini dipimpin oleh Amerika Serikat, tempat lahirnya pembuat ChatGPT OpenAI, dan Tiongkok menyusul setelahnya. LFP Disebut Gibran Saat Debat Cawapres, Ketahui Apa Itu Baterai Lithium Ferro-Phosphate dan Keunggulannya

“GPT Turki kami domestik dan nasional, siap setelah proyek satu tahun kami. Kami berencana meluncurkan versi pertama pada 1 Februari,” kata insinyur produk Teknologi Informasi dan Komunikasi Osman Kavaf.

Turki, kata Kavaf, tidak ingin ketinggalan dalam upaya digital, dan para pejabatnya secara teratur menyuarakan ambisi mereka untuk mengembangkan pelopor kecerdasan buatan di negara tersebut.

ChatGPT telah menarik perhatian dunia dengan kemampuannya yang canggih, mengangkat startup yang berbasis di San Francisco ini ke peringkat teratas perusahaan kecerdasan buatan. Sistem kecerdasan buatan generatif seperti ChatGPT dapat menghasilkan teks, gambar, video, atau rekaman audio baru berdasarkan perintah dari pengguna.

Meskipun proyek Turki memungkinkan komputer memahami teks dan kata-kata yang diucapkan, proyek ini berfokus pada model GPT dan mempertimbangkan kebutuhan institusi publik dan militer untuk memastikan keamanan data. GPT ala Turki ini diberi nama MAIN yang merupakan singkatan dari Multifunction Artificial Intelligence Network, produk ini termasuk dalam kategori kecerdasan buatan produktif.

Havelsan telah terlibat dalam beberapa proyek kecerdasan buatan, dengan fokus pada algoritma teks, gambar, dan suara. Mereka dianggap sebagai teknologi perangkat lunak terdepan dalam industri pertahanan Turki selama bertahun-tahun yang telah mengalami transformasi mendalam sejak awal tahun 2000-an.

“Dapat meringkas konten dan teks dalam hitungan detik. Dapat mengambil informasi dari data open source dan dapat menulis kode dengan mengatur parameter atau perubahan pada perintah Anda, Anda dapat memperkaya fungsi dasar ini,” kata Kavaf. Tren Kecerdasan Buatan, Ini GPT ala Turki

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %